blog corat-coret apapun yang menurut saya penting untuk di share

Perbedaan SEO, SEM dan Internet Marketing


SEO atau Search Engine Optimization menurut wikipedia adalah proses meningkatkan visibilitas
sebuah website atau halaman web di search engine melalui cara natural (alami) atau tidak berbayar ("organik"atau "algorithmic ") di dalam hasil pencarian berdasarkan keyword.

Kegiatan ber-SEO ini dilakukan oleh para ahli SEO ataupun para pemula SEO agar halaman
website yang di SEO kan itu muncul di halaman pertama, atau istilahnya itu nangkring di page one. Atau setidaknya nangkring di halaman kedua. Atau lebih parahnya ditampilkan di semua halaman google untuk keyword tertentu. Mengerikan sekali jika sudah seperti ini. Ck ck ck ck...

Sedangkan SEM atau Search Engine Marketing adalah bentuk pemasaran Internet yang bertujuan untuk mempromosikan website di halaman hasil mesin pencari (SERPs) berbayar melalui penempatan dibayar, iklan kontekstual, dan inklusi berbayar. Atau lebih tepatnya SEM adalah mengiklankan dengan kata kunci tertentu pada search engine seperti Google AdWords, Facebook Ads ataupun Yahoo Search Marketing dengan pembayaran Pay Per Click.

Jadi kalo SEO itu gratis tapi natural, kata wikipedia :), sedangkan SEM itu berbayar. Lalu Internet Marketing sendiri adalah semua tools, media, yang digunakan dalam bermarketing ria via online, baik social media, search engine marketing, dan search engine optimization adalah salah satu tools-nya yang menunjang kegiatan internet marketing. Cuma cara-cara berinternet marketing di dunia maya/online itu berbeda dengan marketing konvensional, internet marketing itu cenderung dengan pemberian edukasi berupa konten / artikel. Nah loh, saya sudah buka kartu duluan.
untuk memetakan pekerjaan atau gambarannya adalah seperti ini seharusnya
1 : 99 = 1% pekerjaan marketer,
99% pekerjaan konsumen
1 banding 99, pekerjaan seorang marketter itu harusnya hanya 1 persen saja, sisanya 99% itu dilakukan oleh konsumen Anda, entah itu member Anda ataupun visitor dari website Anda.
Namun yang kebanyakan terjadi di lapangan adalah seperti ini :
99 : 1 = 99% pekerjaan marketer,
1% pekerjaan konsumen
Pada awalnya memang harus begini dulu, bersakit-sakit dahulu, mati eh senang kemudian. :D . Namun bagaimana melakukan cara agar 1 persen dilakukan oleh marketer dan 99 persennya di lakukan oleh para konsumen Anda.




@



2 komentar:

Unknown said...

To check the competition is simple. Type the keyword in Google and click to search. Now look at the image below to see where you find the Competition value:  internet companies

Elevated Rank said...

awesome post

Post a Comment - Kembali ke Konten

Perbedaan SEO, SEM dan Internet Marketing