blog corat-coret apapun yang menurut saya penting untuk di share

Cara Menerapkan SEO On Page

Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, teknis melakukan SEO On Page itu dibagi berdasarkan platform yang digunakan. Jika menggunakan Wordpress, Blogspot, atau membuat website sendiri menggunakan PHP & MySQL, atau menggunakan CMS yang lainnnya itu punya cara-cara yang berbeda, jika Wordpress, Anda cukup saja menggunakan All In one SEO Page. Plugin yang bisa digunakan secara gratis. Jika Anda menggunakan blogspot silahkan ikuti langkah seperti ini :

Langkah 1, Masuk ke dalam admin blogspot anda, dan masuk kebagian setelan dasar


Langkah 2, Isikan  deskripsi website anda sesuai dengan keyword yang anda targetkan dan tentunya ada sedikit penjelasan mengenai blog anda


Langkah 3, untuk membuat dynamic title, yang berfungsi membuat title berbeda-beda untuk setiap artikel, maka silahkan masuk ke bagian template lalu pilih edit html 

 

Langkah 4, Setelah melakukan langkah 5 maka anda akan ditunjukkan halaman pengeditan html seperti ini


dan hapus yang bentuknya itu seperti ini
<title><data:blog.pageTitle/ </title>
 Ubah Menjadi seperti ini :

<title>

<b:if cond='data:blog.pageType ==&quot;index&quot;'>

<title><data:blog.pageTitle/></title>

<b:else/>

<title><data:blog.pageName/></title> 

Dan langkah berikutnya adalah digunakan untuk mengaktifkan tag meta description, dan meta keyword di setiap halaman.

 

Silahkan klik edit di bagian Tag Meta Deskripsi, maka akan ada tampilan seperti ini


Aktifkan deskripsi penelusuran, Anda pilih ya, dan klik simpan perubahan. Lalu jika textarea untuk deskripsi website, silahkan isikan sesuai dengan deskripsi website Anda di tambahkan dengan keyword-keyword yang sudah Anda targetkan. Nah jika semuanya sudah di setting, apabila Anda membuat artikel baru di blogspot maka tampilannya nanti akan ada tambahan seperti di sini


SEO On Page Selanjutnya
Setelah melakukan SEO On Page yang inti, perlu juga dilakukan SEO On Page pendukung lainnya yang tidak kalah pentingnya. Mengapa disebut pendukung? Karena memang hal ini perlu dilakukan untuk mendukung SEO On Page yang utama. Seperti apa saja sih yang diperlukan untuk mendukung SEO On Page yang utama?
 
1 Breadcrumb Penting Untuk Navigasi Halaman
2 Related Article, Lompat Ke Artikel Yang Sedang User Minati
3 Social Share Bar
4 Widget Blog Archive, Popular Posts
5 Sitemap
6 Daftarkan Ke Google Webmaster dan Google Analytic
7 Blog bebas dari iframe,
8 Jangan meletakkan script pada hosting luar
9 Diusahakan halaman website tidak mengandung flash elemen


Untuk Anda yang menggunakan wordpress sangat mudah sekali, dari poin 1 - 6 silahkan masuk
ke dalam dashboard wordpress admin, kemudian masuk ke bagian plugin, dan silahkan Add
New, dan Anda akan masuk ke dalam halaman Install Plugin.
Tahapan Setelah SEO On Page?
Setelah melakukan SEO On Page ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Ini lebih kepada pengecekan dan analisa, sejauh mana SEO yang telah Anda lakukan dinilai baik oleh Search Engine, dalam hal ini google. Biasanya pengecekan atau analisa setelah melakukan SEO itu terkait komponen-komponen / elemen HTML yang harusnya Ada, yang harusnya tidak Ada, atau penambahan maupun perubahan atribut, pun bisa jadi penghilangan atribut. Sebagai contohnya, dalam SEO sangat diharapkan sekali setiap Image memiliki ALT atributnya, oleh karena itu sang praktisi harus menambahkan atribut ALT nya dengan menyisipkan keyword seo yang ditargetkan, ini untuk menunjang seo friendly tentunya. 


Setelah SEO On Page
Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tahapan setelah SEO On Page, ada hal yang sangat luar biasa ketimbang mengurusi SEO-nya, kedepannya Anda harus bisa melepaskan diri dari SEO? Loh mengapa? Karena akan banyak master-master SEO selanjutnya yang lebih rajin bereksperimen sehingga ahli dalam memanfaatkan celah-celah dari para praktisi SEO sebelumnya. Sehingga tugas Anda akan lebih berat kedepannya. Ditambah google itu selalu memperbaharui algoritmanya agar kegiatan SEO itu semakin diminimalisir, upaya ini ditempuh agar semuanya itu berlangsung natural. Website memiliki peringkat bagus ketika website tersebut memiliki artikel berbobot, dan bermanfaat bagi banyak orang.

Dan lagi ketika seorang berfikir jauh kedepan dan out of the box, menjadikan website Anda. tidak terkurung hanya pada kotak pencarian saja, tetapi lebih kepada loyalitas pengunjung Anda. Tinggal bagaimana membuat pengunjung website Anda berubah menjadi seorang marketer. Bagaimana melakukannya? Saya akan coba sedikit menyinggung perihal "mengubah pengunjung menjadi member / user, dan mengkonversinya menjadi seorang marketer". 

Sosial Media membuat jalur informasi menjadi jauh lebih terbuka ketimbang periode sebelumnya, meskipun sebelum era sosmed, para blogger pun berlomba-lomba untuk memberikan semua yang mereka punya, sharing akan informasi, di mana di dunia maya inilah base camp dari semua hal yang berbau gratis, mulai dari informasi gratis, sampai info makan gratis. Namun sosmed belum bisa mengelompokkan orang berdasarkan ketertarikan mereka.Yang kita lihat di sosmed seperti facebook, semua orang campur aduk, mulai dari wanita yang suka mengkoleksi boneka, hingga pria menggemari olah raga bola. Tidak spesifik.


Misalkan ketika Anda mengepost sesuatu yang istimewa menurut Anda, karena bidang yang
Anda tekuni, belum tentu teman-teman Anda itu menganggap hal tersebut istimewa, mungkin Anda akan dikatakan aneh, dan nggak bermutu. Mungkin saja.

Nah berbekal dari masalah itulah perlu ada semacam sebuah wadah yang bisa mengumpulkan
mereka dalam satu wadah, yang mana dari wadah inilah mereka bisa mencurahkan semua yang mereka suka atau tidak sukai terkait dengan minatnya. Lebih dihargai karena hasil karyanya, bukan karena popularitasnya yang „ALAY‟. Sehingga ketika ada wadah semacam ini sangat mungkin sekali semua user yang telah bergabung memaksa teman-teman yang juga satu minat untuk ikut bergabung. Kurang lebih seperti itu. 

Lalu apa langkah selanjutnya setelah SEO On Page? Langkah selanjutnya ialah, koar-koar kemana-mana di dunia maya tentunya, mencari relasi, mencari backlink, sampai akhirnya berbondong-bondong mendatangkan pengunjung.



 





@



1 komentar - Skip ke Kotak Komentar

Post a Comment - Kembali ke Konten

Cara Menerapkan SEO On Page