blog corat-coret apapun yang menurut saya penting untuk di share

Tips Memperbaiki Kreativitas Anda

Ada beberapa tips yang dapat diberikan untuk memperbaiki kreativitas anda. Semua harus dimulai dari diri anda yang menyadari suasana atau cara berpikir yang tidak kreatif akan berbahaya bagi kesejahteraan dan kedamaian hidup anda di kemudian hari.

1.  Jangan batasi diri (no limit self). jangan batasi diri anda atau anak anak anda, kecuali itu masalah moral dan integritas. jangan batasi hidup dengan rutinitas, mengambil langkah yang mudah atau takut berlebihan.

2. Cobalah menjalani dan menjelajahi jalan-jalan baru saat mengendarai kendaraan anda. kendarailah seorang diri dan jangan khawatir akan tersesat. kalau ada anggota keluarga yang selalu mengganggu dan membatasi anda, maka turunkanlah dia di tempat yang aman, atau mintalah orang itu menghargai keputusan anda.

3. Eksposlah diri anda dengan orang yang berbeda-beda, datangilah mereka, ajaklah berbicara dan kawani orang-orang yang hidupnya tidak rutin. Ubah pergaulan anda.

4. Tempa diri dalam hidup berwarna ketidakpastian. beranilah menghadapi tantangan-tantangan baru. keluarlah dari selimut rasa aman mu dan Merantaulah. hiduplah dalam lingkungan baru yang jauh dari aturan-aturan dan proteksi keluarga besar.

5. Buatlah selalu suasana-suasana baru. ubah letak susunan meja kursi, letak lukisan atau hiasan, tempat tidur beberapa bulan sekali. lihatlah berpikir dari hal-hal kecil.

6. Gunakanlah cara berpikir paradoks. ingatlah dunia ini serba paradoks, carilah selalu pasangan paradoks pada setiap informasi yang anda terima

7. Kembangkanlah cara berpikir besar, jangan pikir yang kerdir-kerdil seperti rumah kecil, hidup seadanya, karier sekedar untuk hidup, warung bakso dan seterusnya. mulailah berpikir bahwa anda bisa membuat yang besar besar. bangunan tertinggi didunia dan terbesar, bisnis termaju, restoran paling ramai, istri terbaik dan tercantik serta seterusnya.

8. Jangan dituruti mitos-mitos. ingatlah tak semua guru-gutu anda scitentist  sejati, mereka juga bisa terbelenggu oleh mitos mitos. demikian juga orangtua, teman, atasan, ulama, konsultan dan sebagainya.

9. Berpikirlah kritis, namun selalu terbuka dan positif. jangan menggunakan hujatan, kritik atau pendekatan-pendekatan kontra produktif yang menimbulakan konflik. tinggalkan saja mitos-mitos itu sambil tersenyum dan berpikir bebas.

10. Lakukanlah perjalanan-perjalanan baru. perluaslah wawasan anda dan kunjungilah daerah-daerah baru. janganlah berpergian saat liburan sehingga anda tidak bisa berpikir bebas. jangan bepergian ketempat-tempat biasa yang selalu dikunjungi banyak orang. lihatlah daerah-daerah baru dan datangilah kehidupan-kehidupan yang belum anda kenal.

11. Bacalah bacaan-bacaan yang beragam. perluas wawasan anda dan tutuplah buku-buku yang datar dan tidak menantang. perkaya diri anda dengan buku-buku self help dan teori.

12. Ambilah kesempatan-kesempatan untuk mengembangkan hal-hal yang baru. ambillah resiko itu dan telusuri terus apa yang tejadi. pelajari dan selalu bertindak proaktif dan memperbaiki segala hal yang muncul.



@



0 komentar:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Tips Memperbaiki Kreativitas Anda