blog corat-coret apapun yang menurut saya penting untuk di share

Sekilas Tentang Entrepreneurship



Entrepreneurship berasal dari bahasa perancis, di abad pertengahan, yang secara secara literal artinya between - taker atau go between, pedagang perantara.

Sekarang bukan jamannya lagi setelah lulus lalu mencari kerjaan ngawula / ikut orang. seyogyanya sudah harus dipunyai tekad kuat untuk tidak mau kerja ikut orang tetapi membuat kerja bagi dirinya sendiri betapa pun sederhananya. malah nantinya mampu memperkerjaan orang lain. dengan kata lain, hendaklah menjadi Entrepreneurship atau wirausaha.

Ada tujuh karakter dasar yang perlu dimiliki setiap calon wirausahawan, menurut McGraith & Mac Millan (2000), yaitu sebagai berikut :

1. Action Oriented. Bukan tipe menunda, WAIT& SEE, atau membiarkan kesempatan berlalu begitu saja dan juga bukan tipe yang menunggu sampai segala sesuatunya jelas terlebih dahulu / budgetnya ada dulu. mereka ini adalah orang ingin segera bertindak, sekalipun situasinya tidak pasti. intinya prinsip yang ia anut adalah SEE and DO.
bagi mereka resiko bukanlah untuk dihindari, melainkan untuk dihadapi dan di taklukkan dengan tindakan serta kelihaian.

2. Berpikir simple. Sekalipun dunia telah berubah menjadi sangat komplex, mereka selalu belajar menyederhanakannya, dan sekalipun berilmu tinggi, mereka bukanlah manusia teknis yang ribet dan menghendaki pekerjaan yang kompleks. mereka melihat persoalan dengan jernih dan menyelesaikan masalah satu demi satu secara bertahap.

3. Selalu mancari peluang-peluang baru. Untuk usaha-usaha baru selalu mau belajar sesuatu yang baru, sedangkan untuk usaha yang sudah lama, mereka selalu mencari alternatif solusi yang baru seperti model, design, bahan baku dan kemasan agar bisa bersaing dipasar.

4. Mengejar peluang dengan disiplin tinggi. Seorang wirausaha melakukan investasi dan menanggung resiko, sehingga mereka ingin pekerjaannya beres dan apa yang dipikirkan dapat dijalankan segera dengan memiliki disiplin yang tinggi tersebut.

5. Hanya mengambil peluang yang terbaikBerbeda dengan pemula yang belum terlatih dan masih bingung, maka usahawan yang terlatih akan cepat membaca peluang. namun usahawan sejati hanya akan mengambil peluang yang terbaik. ukuran terbaik itu yang dimaksud adalah nilai-nilai ekonomis yang terkandung didalamnya, masa depan yang cerah, kemampuan menunjukkan prestasi dan perubahan yang dihasilkan. pada akhirnya sukses yang diraih setiap orang ditentukan oleh keberhasilan orang itu dalam memilih.
SUKSES adalah fungsi dari keberhasilan memilih. apakah memilih sekolah, karier, bidang usaha, teman, pasangan, karyawan, mitra usaha dan sebagainya.

6. Fokus pada eksekusi. Seorang wirausaha tidak mau berhenti pada eksploitasi pikiran atau berputar-putar dalam pikiran penuh keraguan.
Manusia dengan enterpreneurial mindset mengeeksekusi - yaitu melakukan tindakan dan merealisasikan apa yang dipikirkan ketimbang menganalisa ide-ide baru sampai mati

7. Memfokuskan energy setiap orang pada bisnis yang digeluti. Seorang wirausaha tidak bekerja sendirian. ia menggunakan tangan dan pikiran banyak orang dari dalam perusahaan sendiri maupun dari luar


Ada beberapa tipe seorang wirausaha, yaitu sebagai berikut :
1. Karyawan : Anda bekerja pada orang lain dan bisa berhasil, anda dapat mencapai karier sebagai profesional eksekutif dengan peran sebagai pengambil keputusan.

2. Intrapreneur : Status anda adalah karyawan, bekerja pada orang lain, memiliki atasan, namun yang anda cari adalah kemerdekaan dan akses terhadap resource dan memiliki jiwa kewirausahaan.

3. Entrepreneur : Anda tidak bekerja pada orang lain, malinkan pada usaha yang anda dirikan atau kembangkan sendiri. anda adalah pemilik usaha yang memiliki wewenang mengatur arah usaha dan mengambil keputusan strategis. anda bisa menjalankan sendirim bisa juga menggunakan jasa profesional. anda menanggung resiko, namun juga menikmati keuntungan usaha setelah membayar gaji karyawan dan kewajiban lainnya.

4. Sosial Entrepreneur : Adalah pelaku kegiatan sosial yang berwatak entrepreneur. sebagian dari anda barangkali berpikir lebih menyukai pekerjaan pada area sosial, apakah itu dalam bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, pemberdayaan masyarakat, demokratis, hukum dan hak asasi manusia, kesenian atau bidang-bidang lainnnya.

akhir kata

sekecil apapun usaha yang anda dirikan, anda tetaplah bos nya.
setinggi apapun jabatan anda, anda tetaplah seorang pegawai.



@



0 komentar:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Sekilas Tentang Entrepreneurship